Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Bila anak tidak mau makan, jangan terburu-buru memberi obat penambah nafsu makan. Coba lihat dulu, atau tanyakan kepada si anak kenapa dengan pola makannya yang agak bermasalah.
Bagi para ibu, jika anaknya sulit makan akan menjadi pikiran, kepala jadi pusing, hati pun jadi jengkel. Bayangkan saja untuk menghabiskan satu piring nasi/setengah porsi besera lauknya butuh satu jam atau lebih untuk melicinkan piringnya. Itu pun juga masih dipancing dengan berbagai cara, sambil bercerita, bermain, atau jalan-jalan di sekitar rumah untuk memancing perhatiannya agar cepat dikunyah dan ditelan makanannya.
Jadi bagaimana agar nafsu makan anak tidak bermasalah? Untuk penggunaan obat penambah nafsu makan bukanlah  satu-satunya jalan pintas yang harus ditempuh. Itu pun juga sebaiknya harus mengikuti dari saran dokter, karena banyak obat penambah nafsu makan justruk bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan si anak.
Sebagian besar obat penambah nafsu makan yang ditarik dari peredaran memang termasuk bahan (obat) yang mengandung antihistamin. Tak jarang bahkan digabung dengan bahan lain yang justru berlawanan sifatnya. Efek yang ditimbulkan pun patut dicatat, mungkin anak jadi suka mengantuk, mulut kering, dan efek samping lainnya yang biasa ditimbulkan oleh antihistamin.
Selain itu, ada juga obat penambah nafsu makan yang justru menekan atau mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan anak. Ini jelas berakibat tidak baik pada anak karena proses tumbuh kembangnya bisa terhambat. Untuk itu, hati-hati menggunakan obat penambah nafsu makan yang bisa dibeli bebas tanpa petunjuk dokter.
Upaya memakai berbagai jenis obat untuk mengatasi menurunnya nafsu makan anak , sedapat mungkin dijadikan sebagai cara yang terakhir. Selama masih dapat diatasi dengan cara lain, mengapa tidak dicoba dulu? sebab, mungkin saja si anak tidak mau makan karena merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.
Bukan hanya orang dewasa saja, anak pun juga punya selera dan makanan kegemaran. Jika si anak tidak mood untuk makan menu yang satu, coba disediakan menu yang kedua. Atau bisa juga ditambah dengan variasi, misal, jika telor, bisa telor dadar, ceplok, kecap, semur, orak-arik atau dengan variasi telor di buat seperti boneka dengan diberi mata, hidung, mulut maupun telinga dan rambut. Dan agar tidak membosankan, bisa juga diberi warna, aroma juga tempat makannya yang berbentuk lucu.
Sumber karbohidrat mungkin juga bisa dibuat bervariasi. Tidak hanya terus-terusan nasi, bisa juga diganti kentang, roti, macaroni yang dibuat sedemikian rupa sebagai pengganti nasi, yang penting kebutuhan energi anak terpenuhi karena mereka memerlukan sumber energi yang cukup banyak. Demikian juga dengan sumber protein dari ikan, daging, kuning telor, tempe ataupun tahu.
Sebenarnya cukup banyak cara yang bisa ditempuh orangtua untuk membantu membangkitkan selera makan anak. Lakukan dengan cara yang alami terlebih dahulu. Kalaulah memang dirasa perlu memberikan obat atau vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makannya, gunakan dalam batas wajar dan jangan berlebihan. Dan ingatlah, jangan sembarang memberikan obat atau vitamin agar aman, sebisa mungkin tanyakan pada ahlinya, agar para orangtua tenang dan nyaman.

2 komentar:

  1. Halo Admin nafsumakan.blogspot.com,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di nafsumakan.blogspot.com
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan atas.
    Dan kami akan menampilkan link nafsumakan.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/relationship/keluarga/

    Terima kasih atas kerjasamanya :)

    Humas Vemale.com
    Selvie Chummairoch

    BalasHapus
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus